Rabu, 01 Juni 2016

Otter (berang-Berang)



Sekarang ini terdapat tiga belas jenis berang-berang yang termasuk ke dalam suku Mustelidae, dapat ditemukan di seluruh Eropa, Amerika, Asia dan Afrika. Berang-berang cakar kecil merupakan salah satu dari lima jenis berang-berang yang menempati Asia; tersebar dari Bangladesh, Bhutan dan Nepal sampai Malaysia, Indonesia, Cina bagian selatan, dan India bagian selatan. Berang-berang ini dapat ditemukan pada berbagai habitat, dari pesisir tropis sampai sungai-sungai pegunungan.

Berang-berang cakar kecil dapat beradaptasi secara lebih baik hidup di dekat manusia dibandingkan dengan kebanyakan jenis berang-berang lainnya, sehingga dapat dijumpai pada sawah, tambak udang, kolam ikan dan juga sering terlihat berada jauh dari sumber air.

Walaupun tingkat kerentanannya lebih rendah dari beberapa jenis berang-berang lain, IUCN/SSC memasukkan berang-berang cakar kecil ini ke dalam “Vulnerable” (IUCN 2008 Red List). Ancaman kerusakan habitat, polusi, dan pertambahan populasi manusia menimbulkan permasalahan terhadap kelangsungan hidup jangka panjang jenis ini.



Berang-berang cakar kecil hidup dalam kelompok keluarga besar berdasarkan keturunan pasangan alpha, dengan jumlah rata-rata kelompok terdiri dari lima ekor, namun pernah tercatat jumlahnya mencapai dua puluh ekor. Walaupun mencari makan untuk diri sendiri secara individu, mereka akan bergabung sebagai kelompok jika terancam. Berang-berang ini bersifat monogami dengan kedua orang tua dan saudara yang lebih tua membantu merawat anak yang muda. Sebuah keluarga berang-berang akan terpecah jika salah satu pasangan alpha mati, dan individu akan menyebar untuk mencari pasangan dan menemukan kelompok mereka sendiri.

Berang-berang ini dikenal sebagai hewan sosial, jadi tidak disarankan dan tidak dapat diterima jika memelihara hewan ini dalam keadaan seekor. Jika dipelihara di dalam penangkaran sebaiknya berpasangan, pasangan dewasa dengan berang-berang muda (bisa termasuk beberapa ekor bayi) atau dalam kelompok satu jenis kelamin.

Berang-berang cakar kecil secara alaminya bersifat diurnal, aktif, sibuk dan hewan yang suka ingin tahu.

Lucu dan sangat menarik untuk di pelihara, dan memang lebih aman ketika di pelihara penangkaran atau di tangan pecinta hewan, namun Otter atau berang-berang ini bukan lah untuk hewan peliharaan, dan habitatnya adalah di alam, jadi alangkah baiknya jika kita pelihara alam kita sehingga ekosistem tetap terjaga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar