Rabu, 01 Juni 2016

Kura-Kura Emys





Manouria emys emys, atau biasa disebut kura kura kaki gajah adalah kura kura darat (tortoise) terbesar di asia. penyebarannya di indonesia meliputi Kalimantan dan Sumatra. Ukuran dewasa kura kura ini berkisar antara 45-50 cm, dengan berat bisa mencapai 20kg, bisa lebih lagi jika dalam pemeliharaan manusia. Seperti kebanyakan kura kura darat di dunia, Emys merupakan kura pemakan tumbuhan, dan yang paling disenangi hewan ini adalah....... Daun dan batang Talas. Selain itu Emys juga menyukai berbagai macam buah buahan.

Pemeliharaan Emys gampang gampang susah, setting kandang yang paling bagus adalah kandang outdoor, dengan alas rumput gajah mini, tempat emys bersembunyi untuk menghindari panas ketika terik matahari, dan juga sediakan kolam tempat berendam karena lingkungan alamiah emys adalah lingkungan yang lembab, ingat tempat berendam saja, jadi jangan dalam dalam.
Untuk pakannya bisa diberikan daun talas beserta batangnya, sawi hijau, dan sayuran segar lainnya, tapi ada yang tidak boleh diberi kepada emys yaitu Kol dan Bayam, buah buahan juga jadi kegemaran emys, misalnya pepaya atau pisang, walaupun banyak yang bilang bahwa pisang jika terlalu banyak akan menyebabkan obesitas. Obesitas menjadi berbahaya karena dengan berat tubuh yang berlebihan Emys menjadi cepat lelah ketika bergerak, dan bisa menyulitkan untuk pernafasannya.




 Bahaya yang bisa diderita oleh Emys adalah Dehidrasi, pastikan suhu udara berkisar antara 31 derajad celcius, pastikan anda mempunyai thermometer di kandangnya. Keracunan makanan sering terjadi jika sayuran yang diberikan mengandung pestisida, pastikan cuci bersih sayuran yang akan diberikan kepada Emys sehingga aman dari kontaminasi pestisida. Jika anada memelihara Emys yang sudah dewasa, bisa dipastikan merupkan tangkapan alam, dan biasanya membawa parasit cacing di dalam perutnya, jadi perlu "deworm" agar Emys anda tetap lancar makan dan sehat. Deworm alami adalah dengan menggunakan talas yang masih bergetah, atau dengan memberikan daun pepaya.
Jika anda memelihara Emys dari ukuran bayi ( kurang lebih 5cm ) bahaya yang paling sering terjadi adalah MBD atau Metabolic Bone Disease yaitu kelainan tulang yang diakibatkan oleh ketidakmampuan emys menyerap kalsium, hal ini ditandai dengan melunaknya plastron (tempurung bawah), malas makan, dan kemudian bisa menjadi kematian. Emyse memerlukan kalsium utnuk pertumbuhan tulang dan tempurungya, untuk mengolah makanan menjadi kalsium emys membutuhkan sidar matahari, jadi jangan sampai lupa membiarkan emys anda untuk menikmati sinar matahari di pagi hari, jika datang musim penghujan, anda bisa mengakalinya dengan menggunakan lampu UVB yang bisa dibeli di toko peralatan reptile di kota terdekat dengan anda. Sawi hijau merupakan penyuplai kalsium yang baik, jika diperlukan anda juga bisa menambahkan bubuk kalsium D3 yang juga bisa anda beli di toko perlengkapan reptile.


3 komentar:

  1. Bang,emys itu butuh minum nggk ya?soalnya stiap kali saya rendam nggk pernah tu diminum ama dia,mohon penjelasannya bg

    BalasHapus
  2. Berapa harga kura ini bg klo berat 8kg

    BalasHapus