Minggu, 29 Mei 2016

Savannah Monitor



Savannah monitor juga dikenal dengan Bosc's Monitor adalah jenis reptil penyendiri pemakan daging (karnivora) yang hidup di daerah kering dan panas di Afrika, tempat asal savannah monitor berasal. Hewan sebangsa kadal ini memiliki sisik dengan tekstur berbintik agak kasar dan memiliki kaki pendek. Jika dipelihara dengan baik, savannah monitor dapat mencapai ukuran panjang 120 sentimeter.

Cara memelihara savannah monitor adalah sebagai berikut:
1. Kandang savannah monitor sebaiknya berupa akuarium yang memiliki panjang minimal dua kali panjang tubuhnya.
Satu kandang hanya boleh ditempati oleh seekor savannah monitor. Alas kandang savannah monitor bisa menggunakan kertas koran yang bersih. Suhu kandang sebaiknya bersuhu kamar, yaitu sekitar 29 hingga 34 derajat celcius. Tempatkan wadah air minum dan hiding cave di dalam kandang.

2. Makanan savannah monitor adalah jangkrik, tikus putih, bayi tikus, dan telur ayam.
Memberi makan savannah monitor hendaknya dilakukan saat sedang menjemur savannah monitor (basking) karena pada saat itu nafsu makan savmon akan meningkat. Cukup berikan pakan secukupnya saja, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Anda juga bisa membaluri makanan savannah monitor dengan bubuk suplemen kalsium khusus reptil sebelum diberikan kepada savannah monitor. Istilah membaluri makanan reptil dengan bubuk kalsium disebut dengan powdering.



3. Jemur savannah monitor setiap hari dengan suhu 34 hingga 39 derajat celcius.
Jika anda tidak memiliki cukup waktu untuk menjemur savmon peliharaan anda, cukup tempatkan lampu uvb di dalam kandang. Jaga jarak lampu agar tidak terlalu dekat kepermukaan kandang. Lampu uvb yang terlalu dekat ke permukaan kandang akan membuat savmon kepanasan yang berakhir pada dehidrasi dan kematian. Untuk itu, tempatkan termometer di dalam kandang agar suhu tetap terjaga.

4. Penyakit pada ular umumnya juga menjangkiti savannah monitor.
Anda bisa membaca tentang jenis penyakit pada savannah monitor dengan membaca artikel penyakit-penyakit pada ular.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar